as Anthony Ann


Sumber: Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Anthony Ann, yang nama aslinya Fransiskus Asisi Suhariyanto, adalah komikus (pegambar komik) muda yang lahir di Surabaya. Mulai menggambar komik sejak usia 9 tahun, dan begitu lulus desain arsitektur, Anthony mulai melakukan ekspansi ke media. Anthony adalah satu dari segelintir komikus muda yang mengalami masa transisi dari komik angkatan lama ke angkatan baru.

Debut Awal

Mengawali debut komiknya di majalah anak-anak Kuncup sekitar tahun 1992, Anthony selanjutnya lebih banyak menjadi ilustrastor freelance di beberapa media cetak. Tahun 1993 selepas dari majalah Kuncup, Anthony aktif menulis di majalah Mentari dan Tabloid Hoplaa. Usai itu, mengilustrasi rubrik psikologi untuk tabloid Nyata sebelum akhirnya pindah ke koran Suara Indonesia. Selama rentang waktu ini, karya-karya Anthony bertebaran di hampir seluruh media cetak, dari majalah Orbit, tabloid Fantasi sampai majalah Liberty dan Komputek. Sempat terlibat pembuatan media baru bernama Comic Land di Jawa Pos Group, tapi sejak edisi perdana sudah ditinggalkan, karena perbedaan visi.

Art Style

Pada awal kiprahnya dalam dunia perkomikan, Anthony Ann menganut gaya menggambar realis seperti yang biasa ditampilkan dalam komik-komik Amerika (Marvel & DC). Ketika akan bergabung dengan Elex Media Komputindo, Anthony mengubah style art-nya menjadi gaya Jepang (manga style). Khususnya shoujo manga. Suatu hal yang cukup unik, mengingat gaya ini di Jepang diminati hanya oleh mangaka wanita. Bersama dengan nama samarannya Hisako Ikeda, gaya menggambarnya yang baru ini membuatnya sempat disangka sebagai mangaka wanita!

Karir Lebih Jauh

Antara tahun 2003 – 2004 Anthony bersama beberapa rekan sejawatnya mendirikan perusahaan penerbitan baru; Guci Media. Ini adalah hasil kolaborasi dengan beberapa aktivis politik. Hasilnya, Anthony menerbitkan 2 karya politik pertamanya (meskipun saat di Suara Indonesia dia sudah berkecimpung dalam kejamnya arus politik pada masa rezim Soeharto yang menjadikan alasannya keluar dari koran itu), yakni HAM: Bagi Pemula dan Demokrasi: Bagi Pemula. Seluruh dana penerbitan ini diback-up oleh USAID, suatu organisasi LSM Amerika.

Berbeda dengan kebanyakan komikus muda lainnya, Anthony bisa dikatakan seniman multi-talenta. Tak hanya membuat komik, ilustrasi ataupun berbagai bentuk kartun, ia aktif menulis cerita pendek dan berbagai artikel, mulai dari filsafat sampai sains. Saat wabah game di Surabaya, karya Anthony bisa dikatakan tersebar ke hampir seluruh media tersebut. Dari Game Master, Mega Game, sampai Game Mania, baik berupa komik, kartun ataupun artikel.

Menyusuri jejak karya Anthony yang demikian banyak dan tersebar sangatlah sulit, mengingat penulis ini sering berganti-ganti inisial.

Beberapa yang digunakan semasa aktif dalam penerbitan komik di Elex Media berupa nama Jepang, seperti Hisako Ikeda.

Manga Horor Pertama

Sesungguhnya, dengan mempertimbangkan tahun penerbitan dan jalurnya yang mayor label, komik Anthony yang berjudul Samantha (terbit bulan Februari 2002) adalah manga horor Indonesia pertama (catatan: bila ada data baru yang valid, keterangan ini bisa berubah). Berbeda dengan penulis lainnya juga, Anthony memiliki ciri yang sangat khas, cerita horornya memberi halaman extra untuk penjelasan rasional, dengan demikian kebanyakan karyanya memberi suguhan berimbang.

Yang paling membedakan Anthony Ann dengan komikus generasi baru lain adalah, dia tetap mengagungkan seni manual. Dalam penggarapan komik-komiknya (terlepas dari ilustrasinya untuk media, yang memang diharuskan menggunakan komputer) Anthony menggunting dan menempel raster, seperti komikus-komikus lama.

Satu hal yang juga sangat jelas, Anthony Ann jelas adalah satu-satunya komikus muda generasi baru di Indonesia yang menjadikan komik sebagai pekerjaannya. Saat ini, ia menekuni bidang baru: Teologi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s