SLEEPWALKER


Judul: SLEEPWALKER
Penulis:  Francis Asisi, dengan inisial Hisako Ikeda
Penerbit:  Elex Media Komputindo. 2002

Sleepwalker adalah komik manga kedua Francis Asisi yang diterbitkan Elexmedia Komputindo, setelah sebelumnya adalah komik Samantha.Dicetak dalam 17 ribu exemplar (pada sekitar tahun 2002 jumlah exemplar seperti ini untuk komik manga adalah biasa). Seperti komik sebelumnya, Sleepwalker mengangkat tema misteri, dengan format satu buku terdiri banyak cerita yang tidak saling terkait. Dalam buku Sleepwalker terdapat 3 cerita, yakni:

  1. Makhluk Pikiran
  2. Sleepwalker
  3. Jelangkung Christina (1 dan2)

Sama seperti buku sebelumnya, untuk yang kali ini pun Francis Asisi masih membubuhkan artikel Obrolan Misteri dengan judul Kamu Pernah Melihat Hantu? Artikel ini tetap diceritakan dengan gaya komik. Inilah yang menjadi ciri Francis Asisi yang membedakannya dengan penulis manga misteri lain.

Cerita 1:  Makhluk Pikiran

Dalam salah satu acara pasar malam, Maeve, seorang siswi SMA menemukan sebuah buku loakan yang aneh. Buku itu menceritakan tehnik ritual untuk membangkitkan makhluk pikiran, yang kembar dan dapat berjalan-jalan bebas. Karena harganya murah, dan arena tertarik, Maeve membelinya.

Maeve adalah gadis ceria. Dia menjalin cinta dengan Alex, teman sekolahnya dari kelas lain. Alex cukup popular di sekolah. Namun perjalanan cinta Maeve selalu dihalangi oleh Leslie, teman main Alex yang juga mencintai Alex. Maeve sering dilanda mimpi buruk Leslie merebut Alex.

Tanpa sepengetahuan Alex, Maeve sebenarnya menderita penyakit parah, yang bisa merenggut nyawanya sewaktu-waktu. Kadang jika terlalu lelah, seperti ketika harus menemani Alex di arena permainan, Maeve bisa muntah darah dan ambruk. Kalau sudah demikian, Maeve harus hidup dari berlusin-lusin obat.

Pada menjelang acara pesta Valentine yang diadakan sekolah, Maeve justru sakit parah. Maeve tidak memberitahu Alex tentang keadaannya karena ia percaya pada detik-detik terakhir jelang acara pesta keadaannya akan membaik. Alex tentu saja kebingungan. Leslie yang tahu keadaan Maeve memanfaatkan situasi untuk minta jadi pasangan Alex di pesta Valentine. Leslie bahkan membeberkan penyakit yang diderita Meave pada Alex. Alex tidak percaya sebelum Maeve sendiri yang mengatakannya. Alex akhirnya menelepon Maeve, dan pada Alex Maeve mengaku hanya sakit flu. Jadi mereka tetap akan pergi bersama seperti rencana awal.

Namun karena sakitnya tak kunjung membaik, ditambah kekuatiran yang sangat hebat bahwa Leslie akan merebut Alex, Maeve memutuskan membangkitkan makhluk pikiran untuk mewakilinya sebagaimana petunjuk buku kuno yang dibelinya. Setelah melakukan ritual iblis, makhluk pikiran, yang wujud, suara, dan pikirannya sama dengan Maeve muncul. Dalam kendali pikiran Maeve, Makhluk itu pergi ke pesta dansa mewakilinya bersama Alex.

Dalam pesta, Makhluk Pikiran diganggu oleh Leslie yang jahil. Karena dalam keadaan emosi, Maeve di rumah tak mampu lagi memegang kendali pikiran Makhluk Pikiran, dan dia pingsan. Akibatnya, Makhluk Pikiran muncul wajah aslinya yang mengerikan dan bergerak sendiri. Makhluk Pikiran membunuh Leslie dengan pecahan kaca mangkuk, lalu melarikan diri ke rumah Maeve dikejar oleh Alex.

Di rumah Maeve, Makhluk Pikiran membantai pelayan Maeve. Dia kemudian menyerang Maeve karena Makhluk Pikiran juga memiliki cinta pada Alex. Dengan membunuh Maeve maka kecantikan gadis itu bisa berpindah padanya. Alex yang datang hendak menolong juga akhirnya dihantamnya hingga pingsan. Makhluk Pikiran lalu menghunuskan pisaunya pada Maeve. Di detik menetukan itu muncul keamanan sekolah yang menembakkan pistol pada Makhluk Pikiran. Tewaslah makhluk ganjil itu dan lenyap menjadi asap.

Maeve dan Alex berhasil dibawa ke rumah sakit dan diselamatkan. Cinta Alex makin mengkristal pada Maeve. Happy End.

Cerita 2:  Sleepwalker

Ini adalah kisah yang dialami Caitlin dan Drew suaminya. Caitlin adalah wanita karir yang cantik dan cemerlang. Baginya menemukan jodoh semudah membalikkan telapak tangan. Namun ada hal yang misterius dan mengerikan melingkupi kehidupan Caitlin. Dua kali dia kehilangan suaminya (Caitlin sebelum menikah dengan Drew sudah dua kali menikah dan dua-duanya lenyap misterius). Selain piyama yang dikenakan mereka, tak ada satupun barang mereka yang tertinggal. Mereka lenyap begitu saja dari tempat tidur.

Sebenarnya peristiwa itu dimulai sejak 20 tahun sebelumnya ketika Caitlin masih anak-anak. Caitlin memiliki saudara kembar, Abby, yang pendiam dan suram. Pada suatu hari Abby lenyap dari kamar secara misterius dan tak pernah kembali. Orang menduga ini penculikan, Caitlin terus dinterogasi. Setelah dewasa Caitlin bisa melupakan peristiwa itu. Namun ketika hidup mandiri, dia kehilangan 2 pembantunya juga secara misterius.

Setelah membeli rumahnya yang sekarang, dia menikah dan suaminya juga lenyap dari tempat tidur. Nasib pernikahannya yang kedua pun sama, hingga membuat Caitlin trauma dan untuk waktu yang lama tak lagi menjalin hubungan.

Lalu muncullah Drew dalam hidupnya dan Caitlin pun menikah dengannya. Pernikahan ini tidaklah membahagiakan Caitlin karena ia tetap tercekam trauma sebelunya. Ia takut Drew pun mengalami nasib yang sama dengan suami-suaminya terdahulu.

Atas saran Lynn, teman masa SMA Caitlin yang sekarang menjadi kolomnis sebuah majalah misteri, Caitlin memasang kamera untuk melihat apa yang terjadi di rumahnya pada malam hari. Lynn percaya ada penculikkan external yang tengah terjadi, yang ia hubungkan dengan fenomena UFO.

Akhirnya Drew pun lenyap dari tempat tidur. Dari rekaman yang terjadi malam hari, betapa histerisnya Caitlin. Ternyata dia menderita penyakit Sleepwalker, yakni berjalan dan beraktifitas dalam tidur. Dalam keadaan sleepwalker Caitlin membunuh Drew dengan cara membenamkan suaminya itu dalam bantal, lalu meyeretnya ke ruang bawah tanah yang merupakan tungku pembakaran. Dan ternyata Caitlin tahu, dia sendirilah yang membakar suami-suaminya.

Cerita 3:  Jelangkung Chistina 1

Carl Sylvester adalah siswa pindahan baru di sebuah SMA. Di sekolah itu banyak sekali kejadian mengerikan. Misalnya, di salah satu toilet pernah ada siswi melakukan aborsi dan membuangnya di wc. Lalu sejak itu sering terjadi kerasukan di sana yang dilakukan hantu bayi dengan ari-ari masih tergantung.

Kejadian kedua adalah seorang siswi bernama Christina Leigh terjun bebas dari lantai teratas dan tewas membentur aspal. Menurut visum, Christina sebelum bunuh diri over dosis obat penenang. Sejak itu, roh Christina dikatakan sering terlihat di kelas, bahkan dilihat banyak orang.

Central cerita ini pada diri Kyra yang lemah dan cengeng dan Karen yang kuat dan tegar. Persahabatan mereka sejak kecil. Mereka berencana membuat jelangkung usai jam sekolah, dengan mendatangkan roh Chirstina. Datang dalam acara ini adalah Susan yang adalah coordinator liputan sekolah. Susan merasa perlu mengikuti ini untuk mewawancari roh Christina, karena bagaimana pun Christina semasa hidup sangat popular dan penuh skandal. Susan merasa liputannya kali ini akan sangat sensasional.

Carl Sylvester siswa pindahan tersebut  diam-diam juga bergerak membuka skandal gadung sekolah. Karena dia juga sedang dipromosikan sebagai coordinator peliputan berita. Menurut pandangan Karen, akan terjadi saling tikam antara Susan dengan Carl. Proposal mereka masih terganjal di Pak Campbell kepala sekolah., jadi masalahnya terletak seberapa hebat prestasi masing-masing. Maka, kasus Christina—mewawancari roh Christina—akan membuat salah satu dari keduanya melejit. Maka tak heran Susan rela datang di acara jelangkung nanti. Gagasan jelangkung adalah ide Nicole, namun yang membocorkan pada Susan adalah Charlene.

Dalam intrik ini, Karen justru ingin keduanya beradu langsung, karena bila posisi keduanya sama-sama bagus maka yang jadi masalah adalah siapa yang bergerak lebih dulu. Maka Karen membocorkan juga rencana jelangkung pada Carl, dan melihat siapa diantara keduanya yang akan jadi pemenang.

Pada waktu yang sudah ditentukan, berkumpullah Kyra, Karen, Susan, Nicole dan Charlene membuat jelangkung. Sekolah sudah kosong, gedung-gedungnya terkunci. Roh Christina berhasil dimunculkan, namun tidak seperti yang mereka rencanakan, roh itu merasuki tubuh Susan. Wajah gadis itu jadi sangat mengerikan, dan dengan pisau dapur dia membantai siapapun yang ditemuinya. Karen, Kyra dan lainnya dihadapkan pada permainan mengerikan Christina. Pintu-pintu terkunci secara misterius, telepon terputus dan semua petugas dibantai. Mereka harus lari dikejar setan Christina yang akan membunuh mereka satu demi satu. Pertama yang tewas adalah Nicole. Punggungnya ditembus pisau dapur besar.

Karen dan lainnya akhirnya bertemu Pak Campbell yang belum pulang. Pak Campbell menyuruh mereka ke ruang kepala sekolah sementara kepala sekolah itu membereskan situasi. Namun setiap mereka berlari menyusuri lorong gedung, mereka kembali lagi ke toilet larangan tempat roh bayi.

Cerita 4:  Jelangkung Chistina 2

Karen, Kyra, dan Charlene yang terjebak di permainan Christina dan sedang dikejar tubuh Susan yang dirasuki roh Christina, bertemu dengan Carl Sylvester. Siswa pindahan itu membawa mereka pada lorong yang berbeda, yang sampai pada ruangan dengan tanda swastika suci dan benteng supranatural. Akhirnya terbukalah identitas Carl yang sesungguhnya bahwa dia adalah rasetsu suci, pengusir setan yang ditugaskan di sekolah ini untuk menyucikan gedung. Ketika setan Chistina datang, Carl berhasil mengalahkannya dengan mantra suci. Christina kemudian menceritakan kasusnya yang sesungguhnya. Bahwa dia tidaklah bunuh diri karena over dosis obat penenang, melainkan dibunuh. Dia menjalin asmara dengan Pak Campbell. Saat itu ketika Christina menyatakan ingin dinikahi, dia malah diberi obat penenang yang melebihi dosis. Setengah sadar Christina tahu Pak Campbell bersama petugas kebersihan kepercayaannya merencanakan mempersembahkan tubuh dan jiwa Christina sebagai koban untuk iblis. Ternyata Pak Campbell adalah pemuja Lucifer sang Iblis dan sering mempersembahkan korban. Beberapa siswi yang hilang bukanlah diculik, namun dibunuh Pak Campbell untuk persembahan. Mayat mereka ditimbun di sebuah gorong-gorong dekat toilet larangan. Untuk mencegah orang masuk ke sana, mereka menciptakan mitos roh bayi yang tali pusarnya masih tergantung-gantung. Christina yang setengah sadar lupa sedang berada di lantai teratas, dan menerobos jendela untuk melarikan diri, dan tewaslah dia jatuh dari ketinggian gedung. Maka rohnya jadi penasaran.

Setelah Christina memuturkan itu, muncullah pak Campbell di tempat itu. Kedoknya sudah terbuka, dan ia mengamcam akan membunuh mereka semua sebelum pergi. Atas perintah Carl, Roh Christina keluar dari tubuh Susan dan berpindah ke tubuh Nicole yang sudah mati. Susan lalu dipapah Karen dan lainnya untuk keluar gadung. Sementara carl menuntaskan tugasnya melawan pak Campbell.

Pak Campbell memuja setan mohon kekuatan, dengan membunuh petugas kebersihan dan meminum darahnya. Ternyata di balik toilet larangan ada altar iblis. Wujud pak Campbell berubah mengerikan. Karena tak berhasil menembus pertahanan Carl, setan Campbell berbalik mengejar anak-anak.

Susan yang berhasil disadarkan, kepalanya ditembus pisau setan Campbell. Karen tewas juga dibabat setan Campbell setelah sebelumnya memotong tangan iblis itu. Kyra melarikan diri, namun dia bertemu tubuh Nicole yang berjalan karena dirasuki roh Christina, dan mengejarnya. Baik Kyra maupun jenasah-berjalan Nicole bertemu kembali dengan setan Campbell yang sudah sangat mengerikan, berbadan anjing sebagai manifestasi anjing iblis neraka. Saat itu juga muncullah Carl yang dipandu oleh setan bayi. Pada mereka semua Campbell menuturkan masa lalunya yang kelam. Bahwa ia lahir cacat, ibunya meninggal setelah melahirkannya, dan ayahnya menyalahkannya atas kematian sang ibu. Ibu tiri Campbell tidak menyayanginya, dan seluruh keluarganya menolaknya. Pada satu peristiwa kebakaran rumah, mereka dengan sengaja meninggalkan Campbell yang lumpuh dalam kobaran api. Karena marah dan dendam, Campbell kecil menolak Tuhan dan menyerahkan jiwanya pada setan. Maka sejak itu dia bisa berjalan atas bantuan setan, dengan syarat selalu mempersembahkan jiwa untuk iblis. Maka mulailah Campbell menumpahkan korban di sepanjang hidupnya. Korban pertamanya adalah sang ayah yang dibunuhnya dengan tangannya sendiri.

Atas kerjasama roh Christina dengan Carl, setan Campbell berhasil dikalahkan. Gedung terbakar. Satu-satunya yang selamat dalam peristiwa itu hanyalah Kyra. Carl mengembalikan papan jelangkung pada Kyra, dan membuat Kyra menyadari roh manusia bukanlah permainan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s