THOMAS JEFFERSON


Judul: THOMAS JEFFERSON. Penulis Deklarasi Kemerdekaan Amerika
Penulis: Anthony Ann, dengan inisial Pang Kim Xiong
Penerbit: Elexmedia Komputindo, 2008
Ketebalan: 114 halaman

Penulis telah sukses mengusung aroma politik paling mendebarkan, yang akan membuat anda terhenyak sampai pada halaman terakhir. Komik ini penuh kejutan-kejutan yang memukau dalam manuver-manuver politik di tahun paling berbahaya bagi bangsa Amerika.

“Kami pegang kebenaran-kebenaran ini sebagai bukti nyata, bahwa semua orang diciptakan sama, bahwa mereka diberi karunia oleh Pencipta mereka dengan hak-hak tertentu yang tak dapat dicabut, bahwa diantaranya adalah hidup, kebebasan dan pengejaran kebahagiaan. Bahwa untuk menjamin hak-hak ini, pemerintah dilembagakan diantara orang-orang yang mendapat kekuasaan mereka yang adil atas persetujuan dari yang diperintah.”

Kata-kata yang indah dan menyentuh ini adalah deklarasi kemerdekaan Amerika yang dicetuskan pada konggres continental ke-2 selama revolusi Amerika. Sesungguhnya deklarasi kemerdekaan Amerika punya pengaruh jauh lebih luas daripada sekedar cetusan cita-cita Amerika, ia memuat ungkapan yang bermakna universal. Tidak ada kata “bangsa Amerika” atau “merdeka dari Inggris” di dalamnya. Sebaliknya, ia merumuskan secara padat, indah dan sederhana gagasan paling mendasar manusia akan hak-hak asasi dan demokrasi—sebuah gagasan yang mengalami pergulatan hebat di masa Renaissance.

Gagasan hak asasi manusia telah lama dicetuskan filsuf-filsuf abad pencerahan, semisal John Locke, Voltaire dan lainnya. Tapi itu hanya gagasan. Deklarasi kemerdekaan Amerika-lah yang mengubah gagasan itu menjadi ungkapan cita-cita bersama. Sesungguhnya deklarasi kemerdekaan Amerika bukanlah milik bangsa Amerika sendiri, makna yang terkandung di dalamnya adalah milik seluruh umat manusia dari bangsa apa pun dia. Segera setelah dicetuskannya deklarasi kemerdekaan Amerika tersebut, bangsa-bangsa yang baru berdiri, di Afrika maupun Asia, secara langsung atau tidak langsung, ramai-ramai mengadopsinya ke dalam perundang-undangan mereka.

Buku ini menceritakan pergulatan hebat pada detik-detik penyusunan deklarasi kemerdekaan Amerika, sebuah masa paling berbahaya bagi bangsa Amerika. Setelah melewati perdebatan sengit dan berbagai wacana yang simpang-siur tentang arah perjuangan rakyat koloni di benua Amerika, Jefferson dan kawan-kawannya yang tergabung dalam komite 5 berhasil merumuskan deklarasi yang sangat terkenal ini. Anda akan dibuat berdebar-debar pada setiap halamannya, dimana maneuver-manuver politik muncul silih berganti. Dan setiap perkembangan dalam peta politik Amerika telah membuat pembaca terlena sampai pada halaman akhir. Tak heran, komik ini telah sukses mengalami cetak ulang sampai beberapa kali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s