Ensiklopedia Tokoh Dunia


Judul: Ensiklopedia Tokoh Dunia
Penulis: Anthony Ann, dengan inisial Francis (Gino N Francis)

Buku Ensiklopedia Tokoh Dunia merupakan buku pengetahuan anak, dan merupakan buku berukuran paling besar (21,5 x 27,5 cm) dari semua karya Anthony Ann. Buku yang memiliki ketebalan 106 halaman ini menyajikan biografi singkat dari 15 tokoh dunia, yakni: Aristoteles, Isaac Newton, Thomas Jefferson, Thomas Alva Edison, Charles Darwin, Marie Curie, James Watt, Napoleon, Pitagoras, Alexander Agung, Abraham Lincoln, Mahatma Gandhi, Albert Einstein, JF Kennedy dan Bill Gates. Semua disajikan dalam point-point penting hidup mereka, dilengkapi foto dan gambar ilustrasi. Untuk pengerjaan ilustrasi ini, penulis merangkul Gino Kasmianto, seorang penulis komik dan majalah anak asal Surabaya. Jadi, buku ini bisa dikatakan sebagai karya gabungan antara dua pembuat buku anak.

Tak hanya menyajikan biografi, dalam buku ini terdapat dua timeline: satu adalah timeline sejarah dunia, di mana jalan sejarah dirangkum dalam dua halaman visual. Timeline ini sebagai pembuka. Dan pada tiap-tiap biografi tokoh di dalam buku terdapat timeline-timeline riwayat hidup tokoh tersebut, dihiasi dengan ilustrasi miniatur. Lebih dari semua itu, buku ini juga memberikan kegiatan interaktif, di mana terdapat kuis dan permainan.

Dua peta dengan visual berwarna terdapat pada buku ini. Yang pertama adalah peta penaklukkan Alexander Agung, dan kedua adalah peta perang sipil Amerika Serikat. Secara keseluruhan buku ini sangat menarik karena kandungannya yang kaya, desain dan ilustrasinya yang sangat memikat, dan kemasannya yang terkesan lux. Buku Ensiklopedia Tokoh Dunia ini sangat pas sebagai pelengkap koleksi buku-buku pengetahuan.

Judul: Menjadi Anak Hebat
Penulis: Anthony Ann, dengan inisial Elizabeth W Brown
Penerbit: Butterfly Publishing (Masmedia Group)

Buku menjadi anak hebat sebenarnya adalah versi lain dari Ensiklopedia Tokoh Dunia. Sebagaimana buku di atas, karya Anthony Ann yang satu ini juga menampilkan biografi singkat tokoh-tokoh dunia, nyaris sama dengan buku sebelumnya. Buku ini dibuat Anthony Ann ketika masih aktif di penerbit Butterfly sebagai manajer untuk divisi buku anak. Dengan situasi seperti ini, jelas Anthony Ann tidak bisa mengerjakannya sendiri, melainkan bersama-sama dengan team-nya di penerbitan itu, meskipun konsep, supervisi dan QC tetap dipegang olehnya. Dalam segala sisi buku ini sama seperti buku Ensiklopedia Tokoh Dunia, yang membedakannya hanyalah mutu kertas dan cetakannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s