Benjamin Franklin


Judul: Benjamin Franklin
Penulis: Anthony Ann
Penerbit: Elexmedia Komputindo
Ketebalan: 48 halaman
Tahun terbitan: 2007

Ini adalah satu dari 4 komik yang dikerjakan Anthony Ann, yang adalah hasil kerjasama penerbit Elexmedia Komputindo dengan produsen susu Frisian Flag. Karenanya, komik tipis dan kecil ini sama sekali tidak diperjual-belikan, melainkan sebagai bonus sisipan dalam salah satu susu produk Frisian Flag. Judul lainnya adalah: Marie Curie, Marco Polo, dan Wright Bersaudara.

Komik ini diadaptasi dari film kartun Benjamin Franklin, berkisah tentang ilmuwan terkenal Amerika bernama Benjamin Franklin. Benjamin Franklin lahir tanggal 17 Januari 1706, di Boston, sebagai anak ke-15 dari 17 bersaudara. Sebagai pembuat lilin, orang tuanya hanya mampu menyekolahkan Franklin selama dua tahun di pendidikan dasar.

Sekitar tahun 1747, setelah mendapatkan sebuah wadah leyden, suatu bentuk awal kapasitor, yakni alat yang menyimpan muatan listrik, Franklin memulai penelitiannya tentang listrik. Untuk menandai kelebihan dan kekurangan listrik, digunakannya symbol plus (+) dan minus (-). Tahun 1751, penemuan-penemuan Franklin diterbitkan dalam pamphlet setebal 80 halaman.

Selama masa perang revolusi Amerika, Franklin aktif memberikan sumbangan pergerakan bagi kemerdekaan Amerika. Dia ikut menyusun dan menandatangani Declaration of Independence. Di akhir masa hidupnya Franklin menyusun sendiri otobiografinya, yang menjadi salah satu karya sastra terkenal dan tetap dibaca serta digemari hingga sekarang. Benjamin Franklin meninggal pada tanggal 17 April 1790 dalam usia 84 tahun. Di hamper seluruh rentang usianya itu dia dianugerahi kehidupan yang bahagia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s