Pada Akhirnya…

Setahun selama bekerja di Masmedia, mengguratkan banyak kenangan. Pahit ataupun manis tentu saja ada. Semua silih berganti seperti awan di langit, berlalu untuk muncul kembali.
Pada hari dimana aku harus melangkah pergi, telah banyak yang kupelajari dan kudapat selama ada di sini. Bayangkan, bagaimana aku setahun yang lalu, saat sebelum bekerja di sini adalah seorang pemimpi yang menghabiskan hari-hari sendirian, terkungkung dalam kamar sepanjang tahun. Lalu berubah menjadi pribadi dengan kehidupan sosial yang luas.
Di sini aku mengerti rasanya berbicara di forum, di depan publik, menyusun makalah dan mempresentasikannya di depan para atasan dan manajer, membangun sistem, membuat alur kerja, mengatur orang, memahami bawahan, mengikat perasaan tim, menjalin relasi dengan berlusin-lusin penulis, membangun gagasan, bertemu dengan orang-orang baru dengan keunikan masing-masing.
Di sini aku memahami bagaimana menjadi sasaran tembak ketidaksukaan bawahan, memahami atasan dan tekanan yang diberikannya.
Semakin aku tahu, semakin aku mengerti masih banyak yang harus kukejar dan kupelajari.
Di sini aku belajar bagaimana rumitnya sebuah perusahaan, politik kantor, dan secuil nikmatnya kekuasaan.
Di sini aku-yang-dulu seperti sekam yang digilas api dan lenyap, dan diganti dengan aku yang lain. Di sini aku bergaul dengan pribadi-pribadi hebat, pembelajar tangguh, oportunis, pragmatis. Ada luka hati yang tertoreh, ada harapan yang menguncup, ada semangat yang berkobar, ada keakraban yang hangat. Ada tawa yang menderai-derai, yang mungkin akan kukenang sampai sepuluh tahun lagi, dan ada kebisuan yang beku.;

About Asisi

Penulis
This entry was posted in MY CAFE. Bookmark the permalink.