PYTHAGORAS. Bapak Matematika


Judul: PYTHAGORAS. Bapak Matematika
Penulis: Anthony Ann, dengan inisial Pang Kim Xiong
Penerbit: Elexmedia Komputindo

Bisa dikatakan, ini buku tentang ilmuwan yang paling berdarah dalam sejarah, dan sebaiknya anda tidak menunjukkannya pada anak-anak di bawah umur. Secara garis besar buku ini bercerita tentang kisah hidup Pythagoras. Tak banyak yang kita ketahui tentang hidup Pitagoras, selain dia lahir di Samos, pergi ke Timur untuk belajar, kambali ke Samos dan mendirikan sekte matematika di Krotona. Kematiannya pun tidak terlalu jelas, ada yang menyebut di Krotona, ada juga yang menyebut di Italia bagian selatan.

Sedikitnya informasi tentang Pitagoras ini karena tak satupun tulisannya selamat. Kita sekarang dikaburkan untuk mengetahui yang manakah karya asli Pitagoras dan manakah yang tulisan murid-muridnya.

Apakah Pitagoras bisa disebut bapak matematika? Tidak bisa dikatakan demikian. Jauh sebelum Pitagoras manusia sudah mengenal matematika. Bangsa Sumeria sudah mengenal sixagesimal yang mewariskan perhitungan jam dan pembagian busur lingkaran. Bangsa Babilonia sudah mengenal geometri. Bahkan Pitagoras sendiri belajar matematika dari Thales dan Anaximander di Asia Kecil. Ini juga menimbulkan pertanyaan, rumus Pitagoras itu apakah asli temuan Pitagoras atau Thales, sebab sebelum Pitagoras datang padanya, Thales sudah mampu mengukur tinggi piramid Mesir hanya melalui bayangannya.

Buku ini akan memperlihatkan betapa brutal dan sadisnya lawan-lawan politik Pitagoras, yang dipelopori Cilon, dalam menghancurkan sekte matematika yang didirikan Pitagoras. Terror-teror politik di tebar beraroma pembunuhan, dan memuncak pada pembantaian di House of Milo, dimana seluruh murid Pitagoras dijagal dalam adegan paling berdarah dan mengerikan dalam sejarah. Buku ini berusaha menjelaskan betapa tidak berharganya nyawa manusia dibalik politik dan teori-teori besar yang mengubah dunia sains.

Komik ini merupakan komik STD (Seri Tokoh Dunia) kedua yang dibuat oleh Anthony Ann, meskipun untuk mampu mendongkrak penjualan penulis harus memakai inisial lain. Ternyata trik ini berhasil, dalam rentang 3 tahun awal saja buku ini sudah 7 kali cetak ulang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s